wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Panda Raksasa

Jumat, 30 Januari 2009

Panda Raksasa


Panda raksasa adalah binatang unik yang hidup di pegunungan daratan China. Panda raksasa termasuk mamalia yang masuk keluarga beruang.

Panda raksasa termasuk binatang yang hidup menyendiri (solitary animal), mereka hidup menyendiri dihutan-hutan.

Panda raksasa termasuk binatang yang rakus, mereka makan hampir sepanjang hari, kira-kira 12 jam perhari. Makanan utama Panda raksasa adalah bambu (hampir 99% dari total makanan nya).


Panda raksasa rata-rata hidup sekitar 14 sampai 20 tahun (kadang-kadang sampai 30 tahun). Bobot panda raksasa yang dewasa bisa mencapai 150 kg dengan tinggi 150 centimeter.

Habitat Panda

Panda raksasa hidup di hutan bambu bagian selatan dan timur China. Hutan yang lebat ini di pilih oleh panda raksasa selain untuk memudahkan dalam mencari makanan, hutan ini juga berfungsi untuk tempat bersembunyi bagi panda raksasa.

Makanan Panda

Di perkirakan hampir 99% panda raksasa makan bambu dan sisa nya, mereka makan rumput, tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan kecil. Dari sekian banyak jenis bambu diperkirakan panda raksasa hanya makan 4 - 5 jenis bambu. Panda raksasa yang makan 12 jam perhari di perkirakan makan 3500 tangkai bambu.

Siklus hidup panda

Bayi panda yang lahir sangat kecil di bandingkan dengan induknya. Berat bayi panda sekitar 90 - 130 gr (1/900 berat induknya). Induk panda mengendong bayinya mirip dengan kita manusia.

Mata bayi panda akan terbuka saat berumur 40 hari, pada umur 7 bulan panda sudah berbobot 9 kg dan sudah mampu berlari dan memanjat pohon, mereka pun mulai memakan bambu. Panda muda akan hidup di bawah asuhan induknya sampai ber umur 8 - 9 bulan, dan saat umur 18 bulan panda muda ini mempunyai bobot 55 kg dan akan hidup sendiri secara mandiri.

Kematangan seksual panda raksasa di capai saat umur 5,5 6,5 tahun. Musim kawin di mulai pada bulan Maret dan May. Panda raksasa mengadung anak nya sekitar 97 sampai 163 hari, kemudian akan melahir kan bayi panda.

Selamat kan panda raksasa

Panda raksasa merupakan binatang yang di lindungi. Menurut penelitian yang di lakukan tahun 2004 jumlah panda raksasa di perkirakan ada sekitar 1.600 panda. Tapi penelitian terakhir menyebutkan jumlah panda sekitar 1.100 ekor.

Penurunan jumlah panda menurut para ahli karena semakin menyusutnya hutan bambu tempat panda hidup karena lahannya telah digunakan oleh manusia.

Sumber: gambar, wikipedia, panda.org

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto