wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Komodo

Sabtu, 31 Januari 2009

Komodo

Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara, Indonesia.

Komodo mapu berlari 20 km/jam dengan jarak dekat, mampu melihat sejauh 300 meter, serta bisa mencium bangkai dengan jarak sekitar 4 - 9,5 km

Jumlah komodo di alam liar di perkirakan sekitar 4000 - 5000 ekor, karena jumlahnya yang terus berkurang maka komodo termasuk binatang yang di lindungi.

Komodo merupakan predator puncak dari rantai makannan yang ada di pulau Komodo. Karena tubuhnya yang bear, Komodo memakan apa saja, mulai dari bangkai hewan yang mati, rusa, babi, banteng liar, anak-anak komodo, bahkan juga manusia.

Di alam bebas berat komodo sekitar 70 kg dan di penangkaran bobotnya bisa mencapai 166 kg (terbesar dengan panjang 3,1 meter). Komodo memiliki ekor yang sama panjang dengan tubuhnya, dan sekitar 60 buah gigi yang bergerigi tajam sepanjang sekitar 2.5 cm, yang kerap diganti.

Siklus hidup komodo

Musim kawin dimulai pada bulan Mei dan Agustus, Betina Komodo akan bertelur sekitar 20 butir. Telur komodo akan di tempatkan di sarang berupa lubang di tanah. Komodo akan mengeraminya dengan cara berbaring di atas nya. Telur-telur ini akan menetas dalam kurn waktu 7-8 bulan atau sekitar bulan April.

Anak-anak komodo ini akan hidup di pepohonan agar terhindar dari predator lain, karena itu hanya ada 10% dari anak-anak komodo ini yang bisa tumbuh sampai dewasa. Setelah berumur sekitar 3 tahun lebih, komodo sudah dewasa dan mampu hidup di alam liar sebagai predator puncak. Komodo bisa bertahan hidup sampai umur 50 tahun.

Cara komodo berburu

Dalam mendapatkan mangsanya, komodo dengan sabar bersembunyi dan berkamuflase menati korbannya, saat korban mendekat komodo akan menggigitnya. Binatang yang kena gigitan komodo tidak akan bisa hidup bertahan lama karena air liur komodo mengandung bakteri yang mematikan.

Komodo akan mengikuti mangsa yang telah kena gigitan nya dengan cara mencium bau bekas gigitannya. Dalam waktu 24 jam binatang yang telah kena gigitan akan mati dan komodo akan memangsanya.

Komodo makan dengan mendahulukan yang berbadan besar, mereka makan sekitar 80 % dari bobot tubuhnya.


Sumber: Gambar, wikipedia

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto