wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Zaman Triassic

Rabu, 19 November 2008

Zaman Triassic


Priode atau zaman Triassic berlangsung dari 251 hingga 199 juta tahun yang lalu. Di zaman ini keadaan Bumi sangat ekstrim kering dan tandus. Daratanpun menyatu membentuk benua yang maha besar yang di sebut Pangea.

Kondisi Iklim di zaman Triassic

Kondisi alam pada periode Triasic ini tandus, kering, panas, dan banyak bebatuan merah yang berpori. Pada zaman Triassic ini banyak terdapat daratan berupa padang pasir yang panas dan kering . Kebanyakan tumbuhan hidup di sekitar danau (seperti terlihat pada gambar) atau genangan air saat turun hujan. Tumbuhan itu yang menjadi mata rantai kehidupan.

Kondisi Alam saat periode Triassic


Selama periode Triassic, Dinosaurus dan hewan-hewan lainnya dapat bepergian hampir kesemua tempat di Bumi ini karena saat itu sebagian besar daratan masih tergabung dalam satu benua raksasa yang di sebut Pangea. Jadi dizaman Triassic ini benua raksasa di kelilingi oleh lautan.



Jenis-jenis hewan dan tumbuhan yang hidup di zaman Triassic

Generasi awal dinosaurus hidup bersama hewan reptilia lainnya seperti kadal, buaya primitif dan binatang ampibi. Di akhir zaman Triassic hewan mamalia pertama seperti Eozostrodon.

Tumbuhan yang hidup di zaman Triassic ini adalah pohon Taxus, Ginko, dan beberapa tumbuhan jenis paku. Rerumputan dan tumbuhan berbunga tidak di temukan di zaman ini.

Artikel terkait:

Dinosaurus tumbuh cepat agar tidak dimangsa

Penyebab dinosaurus musnah

Sumber: gambar, wikipedia, gambar2

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto