wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Zaman es

Senin, 17 November 2008

Zaman es

Bagaimana rasanya jika daratan tertutup lapisan es yang tebal bahkan mencapai 1.000 m, temperatur bumi pun anjlok minus derajat Celcius. Itu terjadi pada puncak glasial (zaman es) kira-kira 18.000 tahun yang lalu.

Pada zaman es air laut membeku sehingga permukaan air laut turun sampai 100 meter dan garis pantai pun menjorok kelaut dan kemungkinan ada beberapa pulau-pulau menyatu pada aat zaman es tersebut.

Proses terjadi nya zaman es

Zaman es disebabkan oleh berbagai perubahan orbit bumi dan sumbu rotasi bumi. Bumi berotasi pada sumbunya yang miring 23,5 derajat dan setiap 41.000 tahun sekali atau kelipatannya sudut Bumi berubah beberapa derajat (contoh menjadi 23,1 derajat). Semakin besar perubahan kemiringan rotasi Bumi semakin bear perubahan musim yang terjadi.

Selain itu, orbit bumi pun berubah selama periode 100.000 tahun. Perubahan orbit Bumi dari bentuk sirkular (bundar) menjadi berbentuk oval (elips).

Perubahan orbit dan sudut rotasi Bumi mempengaruhi cahaya matahari yang menyinari Bumi. Maka setiap 100.000 tahun sekali iklim Bumi menjadi lebih dingin, musim dingin berlangsung selama beberapa ratus tahun. Akibatnya salju akan turun terus-menerus membentuk lapisan es yang tebal, air laut pun membeku, zaman itu pun dinamai zaman es.

sumber: wikipedia

1 komentar:

ganool mengatakan...

kayak filmnya the day after tomorrow

http://ganool.blogspot.com

Berita IPTEK Terbaru | Artikel Tehnologi | Gratis Download Game | Gratis Download Film | Free Download Games | Free Download Movies.

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto