wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Mengapa kita bersin

Senin, 28 Juli 2008

Mengapa kita bersin

Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik atau 250 km/jam atau juga secepat valentino rossi menggeber motornya.

Udara tersebut keluar sebagai respon yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya bakteri dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung. Karena tubuh manusia diciptakan punya sistem penolakan terhadap sesuatu yang dapat merusak tubuh kita seperti: bakteri, kuman, virus, dll.

Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 ┬Ám. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.

Syaraf-syaraf yang terdapat di hidung dan mata itu sebenarnya saling bertautan, sehingga pada saat kita bersin, maka secara otomatis mata kita akan terpejam. Hal ini untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung.

Dan juga , saat kita bersin, secara refleks otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sekejap, selama bersin tersebut. Setelah bersin selesai, jantung akan kembali lagi berdenyut alias berdetak kembali

Jadi segala sesuatu yang diciptakan oleh Yang maha kuasa itu ada manfaatnya, bakteri ditendang dan jantung pun dapat beristirahat sebentar. Makanya jangan bersin jangan ditahan tahan, tapi jangan juga diarahin ke orang lain. Achin!

Sumber: wikipedia dan sebagian di copas dari Anang blog

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto