wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Cara laba-laba membuat sarang

Senin, 28 Juli 2008

Cara laba-laba membuat sarang

Laba-laba di bumi ini diperkirakan sekitar 40.000 jenis. Kebanyakan dari laba-laba membuat sarang dengan jalan memintal, tapi ada juga yang tidak contohnya tarantula.


Laba-laba membuat sarang mulai dari yang sederhana seperti yang sering kita lihat disudut-sudut rumah sampai ke tingkat yang sangat rumit.

Ada tiga komponen yang membentuk sarang laba-laba, yaitu benang jenis kuat dan tegang yang mengarah ke luar (radial threads) yang berpotongan pada titik pusat sebagai porosnya (hub), benang yang menjadi kerangka bagian luar sarang (frame threads), dan benang jenis kendur dan lengket berbentuk spiral yang mampu menjebak mangsa (capture radial).

Membuat kerangka
Laba-laba memulai membuat sarang dengan membuat kerangka. Benang sutra yang dikeluarkan laba-laba dilemparkan keudara, karea tertiup angin, benang sutra akan menempel pada benda yang ada didekatnya. Benang inilah yang digunakan oleh laba-laba untuk memasang benanga-benang lainnya sehingga membentuk kerangka.

Membuat pola
Setelah kerangka terbentuk, laba-laba mulai memintal benang sutra yang menghubungkan satu sisi dengan sisi lainnya. Laba-laba memintal lebih banyak benang kering sehingga membentuk seperti jari-jari sepeda. Setelah itu laba-laba memasang benang lengket diatas benang kering tersebut. Benang kering dibuang oleh laba-laba dengan cara memakannya. Sarang telah siap, laba-laba siap menunggu mangsa.

Keunikan sarang laba-laba
Rancangan sarang laba-laba menurut para ahli sangat istimewa sekali. Sarang laba-laba dapat mengecoh serangga, terutama serangga yang makan nektar dan serbuk sari bunga. Karena serangga ini tidak bisa melihat sinar ultara violet (UV).

Laba-laba memanfaatkan kelemahan serangga ini dengan membuat sarang khusus. Pertama-tama , laba-laba memintal sarang dengan benang yang sedikit memantulkan sinar UV, kemudian pola dibuat lagi dengan benang yang bersinar dibawah sinar UV. Sarang laba-laba ini akan terlihat seperti pola bunga yang dipantulkan oleh sinar UV oleh serangga, sehingga serangga yang lapar akan terkecoh mengira sarang laba-laba sebagai bunga. Informasi tentang laba-laba klik di sini

Artikel terkait:


sumber: howcome, wikipedia, kompas

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto