wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Bagaimana Microwave Bekerja

Rabu, 25 Juni 2008

Bagaimana Microwave Bekerja

Oven microwave terdiri dari tabung - tabung megatron yang merubah energi listrik menjadi gelombang mikro (microwave) frekwensi tinggi. Microwave merupakan bentuk energi elektromagnetik seperti gelombang radio yang menempati sebuah ruang spektru elektromagnetik.

Microwave dengan frekwensi 300 sampai 300.000 mega hertz menyebabkan molekul - molekul dan ion dalam makanan bergetar cepat dan berputar, sehingga terjadi gesekan dan menghasilkan panas yang memasak makanan.

Makanan dimasak dimasak dengan cara menyerap gelombang mikro dan merubah energinya menjadi energi panas (seperti panas api pada kompor) yang memasak makanan. Kelebihan microwave ini karena tidak bewarna, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak menimbulkan radioaktif sehingga aman untuk kesehatan.

Microwave merupakan peralatan alat rumah tangga yang sangat efisien dan hemat energi. Microwave memasak 18 kali lebih cepat dari kopor biasa. Dan juga alat ini tidak menimbulkan panas di lingkungan dapur sehingga energi yang digunakan untuk mendinginkan dapur pun (AC) lebih sedikit.

Sumber: fehd

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto