wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Bagaimana angin bertiup

Kamis, 26 Juni 2008

Bagaimana angin bertiup

Kita semua tentu pernah merasakan betapa sejuknya angin yang berhembus mengenai tubuh kita, baik itu saat di tepi pantai, digunung atau didalam rumah dengan bantuan kipas angin.

Kita tentu tidak akan merasakan apa - apa jika angin itu tidak bergerak. Bagai mana angin bertiup?

Angin bertiup atau bergerak karena adanya perbedaaan tekanan. Angin bertiup dari angin yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah. Mirip dengan sungai di pergunungan, air akan mengalir dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah.

Tekanan udara bervariasi dari satu tempat dengan tempat lain. Udara yang hangat molekul - molekulnya lebih renggang dan tekanannya menjadi rendah begitu juga sebaliknya, udara pada yang tempat yang dingin lebih rapat molekulnya dan tekanannya lebih tinggi.

Sebagai ilustrasi bagai mana angin itu bertiup marilah kita berbaring dipinggir pantai. Panas matahari yang menyinari daratan dan lautan akan mengakibatkan terjadinya perbedaan temperatur. Permukaan daratan akan lebih cepat panas dari pada permukaan lautan (permukaan lautan selalu didinginkan oleh air laut didalamnya).

Udara di permukaan daratan yang mulai menghangat akan membuat kantong - kantong udara bertekanan rendah. Saat udara memuai, kantong - kantong udara itu terdorong keatas (lihat gambar L ke H). Dipermukaan yang tinggi kantong - kantong udara ini terkumpul membentuk kantong udara bertekanan tinggi. Udara yang bertekanan tinggi ini akan bertiup ke lautan (diatas permukaan lautan yang lebih tinggi udara bertekanan rendah).

Di atas permukaan lautan yang tinggi kantong - kantong udara pun terbentuk saat memuai kantong - kantong udara ini terdorong kebawah. Sehingga udara dipermukaan lautan bertekanan tinggi. Udara yang bertekanan tinggi ini bergerak menuju daratan yang bertekanan rendah. Angin yang bertiup inilah yang kita rasakan saat di tepi pantai. Kejadian ini akan terus berulang.

Sumber: physicalgeography

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto