wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Berapa Bumi Bergerak

Rabu, 23 Mei 2012

Berapa Bumi Bergerak

Kita semua mungkin tahu bawa Bumi yang kita diami ini bergerak, sehingga terjadi siang dan malam. Kebayang ga sama kita, seberapa cepat Bumi bergerak, kok tidak terasa pergerakan nya. Dari pada penasaran yuk kita simak.

Kecepatan Gerak Bumi

Untuk mengukur kecepatan suatu objek atau benda tentu di perlukan titik referensi, atau titik acuan. Sebagai ilustrasi Jakarta - Milan  dengan jarak 10.000 km di tempuh 10 jam dengan pesawat, kecepatan pesawat 1000 km/jam.

Begitu juga dengan Bumi, titik acuannya dapat diambil dari sumbunya ( Bumi berotasi) dan dari matahari (Bumi mengelilingi matahari)

Kecepatan Bumi bergerak pada sumbunya sekitar 1.670 km/jam, hampir 3 kali lipat kecepatan Pesawat Terbang.

Kecepatan Bumi bergerak mengelilingi Matahari sekitar 108.000 km/jam atau sekitar 150 kali lipat lebih cepat dari pesawat.

Kenapa kita tidak merasakan atau terlempar kalau Bumi bergerak demikian cepat?

Pertanyaan di atas tentu terpikir oleh kita, mari kita jawab satu persatu.

Untuk menggerakan suatu benda di butuhkan gaya (F). Gaya selalu berkaitan dengan akselerasi atau percepatan (a).

Kenapa kita tidak merasakan pergerakan bumi karena gerakan bumi konstan. Contohnya saat anda naik pesawat dan tidak melihat keluar, pasti anda merasa tidak bergerak bukan, begitu juga kita di dalam Bumi.

Keanapa kita tidak terlempar sedangkan Bumi berputar demikian cepat, karena percepatan Bumi terhadap sumbunya sekitar  0,03392 m/dt2, terhadap matahari sekitar 0,005929 m/dt2 di bandingkan dengan grafitasi Bumi 9,8 m.dt2.


Sumber: nasa, wikipedia

3 komentar:

layanan ayana mengatakan...

wah keren bgt deh info sungguh mengairah kan menjadikan kita lebih bijak dan profesional,thanks yah :)
Ihsan Magazine
apaantuh

JUNAIDI mengatakan...

SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB MBAH RAWA GUNPALA

Blog Zombie mengatakan...

Obat Tumor Indung Telur
Obat Benjolan Di Bawah Lidah
Obat Asam Lambung Akut
Obat Herbal Nyeri Lutut
Obat Hipertiroid Ibu Hamil
Obat Pneumonia Ibu Hamil
Obat Benjolan Di Ketiak Kiri
Obat Infeksi Paru Paru
Obat Kanker Usus Buntu
Obat Bisul Di Dalam Telinga
Obat Bisul Di Dalam Hidung
Obat Radang Amandel Anak
Obat Benjolan Pada Amandel
Obat Keloid Pada Anak
Obat Asam Lambung Akut
Obat Asam Urat Di Kaki
Obat Radang Gusi Anak
Obat Benjolan Di Belakang Telinga Anak

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto