wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang

Jumat, 27 Februari 2009

Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang


Gelombang laut dilirik menjadi alternatif baru sumber daya listrik. Grean Ocean Energy, lembaga peneliti laut asal Skotlandia, membuat penelitian untuk masalah itu. Mereka menghasilkan wave treader, alat pembangkit listrik tenaga gelombang. Dalam uji cobanya mereka berhasil membuat pembangkit dengan kapasitas 500 Kw.

Wave treader punya dua lengan, silinder sistem hidrolik sebagai pusat dan tiang menjulang dengan baling-baling di ujungnya. Pergerakan ombak akan membuat lengan-lengannya bergerak naik dan turun. Bagian yang disebut aft sponson akan menerima pergerakan itu dan meneruskannya ke silinder sistem hidrolik.

Dalam silinder, gerakan tersebut memberikan tekanan di fluida hidrolik. Tekanan itu diperhalus dan disampaikan ke hidrolik akumulator. Dari situ barulah energi gelombang tersebut menggerakkan motor yang akan menggerakkan generator penghasil alat listrik. Listrik yang dihasilkan itu kemudian disalurkan melalui kabel dengan terlebih dulu dibagi oleh turbin baling-baling.

Listrik yang bisa diproduksi lumayan besar. Satu unit wave treader mampu menghasilkan minimal 500 kW. Energi listrik sebesar itu mampu mencukupi kebutuhan 125 rumah. Alat tersebut didesain mampu mengatasi terjangan ombak selama 25 tahun saja dan lima tahun tambahan jika benar-benar dirawat. Rencananya, alat itu dipasarkan pada 2010.

Situs sejenis yang membaha masalah pembangkit listrik tenaga gelombang

Sumber: di copy sesuai aslinya dari jawapos

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto