wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Mau awet muda jadilah astronot

Rabu, 21 Januari 2009

Mau awet muda jadilah astronot

Mau memperlambat penuaan atau ingin awet muda? Daftar saja jadi astronot. Konon Astronot lebih awet muda setiap kali ke ruang angkasa.

Jika seorang astronot ditanya umur sekembali dari misi luar angkasa, bisa jadi ia harus berpikir dua kali. Kenapa? Inikarena setiap kali seorang astronot pergi ke luar angkasa, umurnya bertambah lebih lambat jika dibandingkan dengan umur mereka yang tinggal di Bumi. Jadi sekembali astronot ke bumi, bisa dibilang mereka awet muda jika dibanding orang yang sebaya.

Fenomena perlambatan waktu ini dijelaskan oleh teori yang muncul dari seorang maha fisikawan, Albert Einstein. Apa lagi kalau bukan melalui teorinya yang terkenal, teori relativitas.
Berpangkal dari teori relativitas umum (E=mc2), ada yang disebut teori Special Relativity (SR), relatifitas khusus.

Menurut teori ini, jam di dalam sebuah pesawat ruang angkasa yang bergerak cepat akan berjalan lebih lambat daripada jam yang diam di tempat. Ini berlaku pada semua "jam" (mekanis, atomis, dan biologis).

Sebagai contoh, sebuah jam di pesawat ruang angkasa yang bergerak pada 99 persen kecepatan cahaya akan maju tujuh kali lebih lambat daripada jam yang diam. Ini berarti, seorang astronot bertambah tua lebih lambat daripada mereka yang tetap di Bumi.

Seperti umur seorang astronot yang melakukan perjalanan ke Alpha Centauri (4,3 tahun cahaya) pada 99 persen kecepatan cahaya. Perjalanan ini akan memakan waktu 8,7 tahun Bumi sementara umur si astronot hanya akan bertambah tua setahun tiga bulan.
Mau tahu lebih lanjut silahkan kunjungi situs angkasa

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto