wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Galaksi bimasakti

Kamis, 06 November 2008

Galaksi bimasakti


Tata surya tempat bumi dan matahari kita berada merupakan bagian dari galaksi bimasakti.

Galaksi bimasakti merupakan galaksi yang berbentuk spiral yang berisi lebih dari 200 sampai 400 milyar bintang. Piringan utama galaksi bimasakti ini tebalnya kira-kira 2.000 tahun cahaya dengan diameter 100.000 tahun cahaya. Jarak antara Matahari ke pusat galaksi pada salah satu lengan spiral nya yaitu lengan Orion berjarak sekitar 27.700 tahun cahaya.

Seperti gambar 2, galaksi Bimasakti terlihat seperti piringan pipih (2), dengan tontolan berbentuk bola di bagian tengahnya (2). Tonjolan ini lebarnya sekitar 6.000 tahun cahaya dan panjang nya 15.000 tahun cahaya. Gugus bintang bola (globular) mengelilingi galaksi membentuk halo bundar (4). Gugus bintang globular (3) ini terbentuk di awal galaksi terbentuk.

Tata surya kita memerlukan waktu 225-250 tahun cahaya sekali orbit untuk mengitari galaksi bimasakti atau dengan kata lain tata surya kita hanya baru mengitari galaksi bimasakti ini 20 sampai 25 kali sejak tata surya tercipta.

Setelah tahu betapa maha dahsyatnya cipataan Yang Maha Esa, maka kita sebagai manusia tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan jagat raya ini!
Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang galaksi bimasakti silahkan kunjungi web berikut ini.

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto