wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Nyamuk

Senin, 08 September 2008

Nyamuk


Nyamuk adalah serangga tergolong masuk dalam golongan famili Culicidae. Nyamuk memiliki sepasang sayap, halteres, tubuh yang langsing, dan dilengkapi dengan kaki yang panjang.


Nyamuk betina merupakan binatang penghisap darah penyebar penyakit seperti malaria yang telah membunuh berjuta-juta orang.


Spesies nyamuk di dunia diperkirakan 2.700 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Sebagai serangga, nyamuk dapat terbang 1,6 sampai 2,4 km/jam.

Nyamuk jantan dan nyamuk betina untuk hidup membutuhkan makanan, mereka memakan nektar tumbuh tumbuhan (kandungan gula komplek yang terdiri dari 80% air). Nyamuk betina memerlukan protein untuk pembentukan telur, untuk itu nyamuk betina membutuhkan darah yang mengandung protein.

Bagian-bagian (anatomi) nyamuk

Dengan berat sekitar 12 mg dan panjang 16 mm, tubuh nyamuk terdiri dari tiga bagian utama yaitu Kepala (Head), Thorax, dan Abdomen.

Bagian kepala terdiri dari (lihat gambar 1) 22.Compound eye (22), arista (23), antenna (24), maxilary palps (25), labium (26), labellum (27), Pseudotracheae (28).

Bagian torak terdiri dari (lihat gambar 1) . Prescutum (1), anterior spiracle (2), scutum (3), basicosta (4), calypters (5), scutellum (6), wing vein (7), wing (8), haltere (10), posterior spiracle (11), femur (12), tibia (13), spur (14), tarsus (15), propleuron (16), prosternum (17), mesopleuron (18), mesosternum (19), metapleuron (20), metasternum (21).


Bagian abdomen terdiri dari (lihat gambar 1) abdominal segment (9).


Siklus hidup nyamuk

Siklus hidup nyamuk dimulai dari telur, larva, pupa, dan nyamuk dewasa yang memakan waktu sekitar satu bulan. Setelah nyamuk betina menghisap darah, ia akan bertelur sekitar 40 sampai 400 telus diatas air yang tergenang atau yang mengalir pelan.

Seminggu kemudian telur berubah menjadi larva. Larva memakan organik yang mengambang diatas air dan bernapas dengan kantong-kantong nya yang di sembulkan diatas permukaan air. Selama pertumbuhannya larva berganti kulit sebanyak empat kali, bentuk yang ke empat di sebut pupa.

Pupa hidup di dekat permukaan air dan bernafas dengan tabung yang mirip klason (siphons) pada punggunnya. Pupa tidak makan, dan nyamuk dewasapun lahir dari pupa ini.


Sumber: gambar1, gambar2, wikipedia

1 komentar:

gudang pantun mengatakan...

mungkin penjelasan tetang nyamuk kurang begitu detail misalnya perbedaan lama hidup nyamuk betina dan jatan,

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto