wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Roket Ariane 5 Luncurkan Satelit Arab dan AS

Senin, 04 Agustus 2008

Roket Ariane 5 Luncurkan Satelit Arab dan AS

Roket Ariane 5 dirancang untuk mengorbitkan satelit ke garis edar bumi mulai dari rendah sampai medium dan mampu mengorbitkan satelit 10 misi pertahun dengan waktu 20 hari permisi. Roket Ariane 5 ini merupakan satelit komersil yang berbasis di Perancis dan telah berhasil melakukan beberapa misi peluncuran.

Keberhasilan roket Ariane ECA 5 meluncurkan dua satelit telekomunikasi dari pusat peluncurannya di Guyana Perancis, Senin (7/7) malam waktu setempat atau Selasa (8/7) pagi WIB. Masing-masing satu satelit telekomunikasi milik Liga Arab dan milik perusahaan swasta AS.

Satelit pertama yang dilepaskan ke orbit adalah ProtoStar-1 milik perusahaan telekomunikasi AS, ProtoStar. Satelit yang dibuat oleh Space Systems/Loral di Palo Alto itu akan digunakan untuk melayanan transmisi siaran televisi melalui layanan data kecepatan tinggi di wilayah Asia Tenggara.

Satelit kedua adalah BADR-6 milik Arabsat, konsorsium perusahaan telekomunikasi dari 21 negara anggota Liga Arab. BADR-6 dibuat perusahaan ruang angkasa Eropa, EADS Astrium. Satelit tersebut akan dipakai untuk meneruskan siaran televisi ke wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara.

Roket dipastikan sukses menempatkan kedua satelit sekitar 30 menit usai peluncuran yang dilakukan pukul 4.53 WIB. satelit ProtoStar-1 dilepaskan di orbitnya sekitar 27 menit usai roket diluncurkan. Delapan menit kemudian dilepaskan BADR-6. Ini merupakan peluncuran keempat roket Ariane tahun ini. Sebelumnya peleuncuran direncakan 4 Juli namun tertunda karena masalah teknis. Ariane ECA 5 merupakan versi terbaru roket Ariane yang mampu mengangkut beban ganda hingga seberat 10 ton.
Sumber: kompas, arianespace

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto