wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Komet

Minggu, 03 Agustus 2008

Komet

Komet dapat dilihat ketika masih jauh dari matahari, bagian yang pertama kali dilihat adalah inti komet. Kometmerupakan benda angkasa yang mirip asteroid, tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, air) dan debu yang membeku.

Komet sering juga disebut dengan bintang berekor . Komet memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk elips, lebih lonjong dan panjang daripada orbit planet. Komet merupakan benda angkasa seperti lapisan batu yang terlihat mempunyai cahaya dikarenakan adanya gesekan-gesekan atom-atom di udara.

Bagian-bagian komet adalah inti, koma, awan hydrogen dan ekor. Inti dan koma membentuk kepala komet. Berikut ini bagian-bagian komet

  • Inti (nucleus) merupakan bagian yang stabil dan padat terdiri dari es dan gas dengan sedikit debu dan material lainnya. Bagian ini menyerupai bintang yang sangat kecil.
  • Koma (coma) awan padat terdiri dari karbon dioksida dan gas netral hasil sublimasi dari intinya, bagin ini terletak disekeliling inti.
  • Awan hidrogen yang sangat besar bisa sampai jutaan kilometer diameternya
  • Ekor komet panjang nya bisa mencapai 10 juta km yang terdiri debu dan asap

Komet merupakan fenomena alam yang amat menarik untuk diamati. Pada tahun 1705 Edmond Halley memperkirakan bahwa komet terlihat pada tahun 1531, 1607, 1682 ,1758. Komet Halley terakhir terlihat pada tahun 1986 yang lalu. Inti atau pusat dari Komet Halley di perkirakan kurang lebih 16x8x8 km. Inti dari halley sangat gelap.

Diperkirakan KometHalley akan nampak lagi tahun 2061, karena kemunculan Komet Halley ini 76 tahun sekali. Komet-komet lain yang cukup dikenal adalah Komet West Komet Encke, muncul tiga tahun sekali Komet Hyakutake Komet Hale-Bopp.




Sumber: wikipedia

1 komentar:

Lufias Blog mengatakan...

mksih tas info na....

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto