wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Reaktor Candu

Selasa, 22 Juli 2008

Reaktor Candu

Reaktor candu merupakan reaktor uranium alam air berat yang menggunakan konsep tabung tekan (pressure tube) yang berfungsi sebagai pipa pendingin di dalam teras reaktor.

Deretan tabung tekan (11) di susun didalam tangki dengan posisi horizontal. Tangki ini disebut dengan calandria (4). Desain pressure tube memungkinkan terpisahnya aliran air berat untuk moderator dan sistem transportasi.

Bahan bakar (1) yang digunakan adalah uranium dioksida (Uo2) berbentuk palet. Bahan bakar inilah yang mengasilkan panas untuk digunakan memanaskan air dalam ketel (5).

Air berat yang digerakan pompa primer (7) mengalir menuju teras reaktor. Air yang telah panas ini dialirkan ke ketel/boiler dan menghasilkan uap untuk mengerakan generator.

Reaktor candu merupakan reaktor nuklir yang paling efisien karena reaktor candu menggunakan bahan bakar uranium alam yang biayanya lebih rendah 50%.

Keunggulan reaktor candu dari reaktor nuklir adalah kemampuan reaktor candu untuk melakukan "on-power refuelling" Yaitu kemampuan reaktor candu untuk mengganti bahan bakar walaupun reaktor masih hidup, jadi tidak perlu di matikan (shutdown) seperti reaktor. nuklir lain.
Keterangan lengkap gambar reaktor candu:
  1. Nuclear fuel rod
  2. Calandria
  3. Control Rods
  4. Pressurizer
  5. Steam generator
  6. Light water condensate pump (secondary cooling loop)
  7. Heavy water pump (primary cooling loop)
  8. Nuclear fuel loading machine
  9. Heavy water (moderator)
  10. Pressure tubes
  11. Steam
  12. Water condensate
  13. Reactor containment building

Sumber: wikipedia

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto