wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Lapisan ozon

Senin, 28 Juli 2008

Lapisan ozon

Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer yang berada pada ketinggian 19 - 48 km di atas permukaan Bumi. Lapisan ozon merupakan ikatan kimia yang terdiri dari tiga atom oksigen.

Cara lapisan ozon ini terbentuk dengan jalan menguraikan molekul-molekul oksigen oleh sinar matahari. Saat radiasi ultra violet menembus atmosfir, molekul oksigen akan terurai menjadi oksigen murni (O2) dan ozon (O3).

Ozon ini juga berada di permukaan tanah, akibat dari polusi udara yang bereaksi dengan sinar matahari. Lapisan ozon ini sangat berbahaya bagi manusia atau mahluk hidup lainnya jika menghirup langsung. Karena oksigen (ozon) ini dapat merusak paru-paru .

Tetapi lapisan ozon yang berada di sekeliling planet kita sangat aman bagi manusia dan mahluk hidup lainnya. Lapisan ozon ini malah sangat kita butuhkan untuk melindungi kita dari radiasi sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh matahari. Radiasi UV itu akan diserap oleh lapisan ozon.

Lapisan ozon ini dapat berkurang, rusak atau hilang sama sekali bila kita tidak menjaganya. Bahan-bahan yang dapat merusak lapisan ozon seperti CFC (zat kimia yang digunakan untuk kulkas), dan gas pendorong spray aerosol, memberikan ancaman terhadap lapisan ini. Bila dilepas ke atmosfer, zat yang mengandung klorin ini akan dipecah oleh sinar Matahari yang menyebabkan klorin dapat bereaksi dan menghancurkan molekul-molekul ozon. Setiap satu molekul CFC mampu menghancurkan hingga 100.000 molekul ozon

Oleh karena itu jika lapisan ozon ini rusak akan sangat membahayakan kehidupan di bumi. Maka penggunaaan zat-zat berbahaya tersebut telah dilarang. Karena sinar matahari akan langsung mengenai kita tanpa penghalang apapun. Dan sinar UV ini dapat mengakibatkan penyakit kanker.

Para Ahli memperkirakan setiap penurunan 1 persen lapisan ozon akan meningkatkan 2 persen radiasi UV mengengenai kita, serta meningkatkan 3 sampai 6 persen kasus kanker kulit.

Yang lebih mengerikan lagi, penipisan lapisan ozon akan perdampak pada perubahan iklim dunia walaupun ini baru dalam tahap penelitian, tapi kita sudah bisa merasakan bagai mana iklim kita saat ini.

Sumber: wikipedia, gambar

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto