wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Kapal Selam

Selasa, 22 Juli 2008

Kapal Selam

Kapal selam merupakan salah satu arsenal militer yang sangat menakutkan bagi negara manapun. Kapal selam dapat menyerang dan menghilang ditengah samudra yang maha luas.

Untuk itu negara seperti Amerika dan Rusia berlomba-lomba dalam menciptakan kapal selam dengan teknologi yang mumpuni. Mulai dari kapal selam konvensional sampai kapal selam dengan tenaga nuklir. (klik gambar 2 kali untuk memperbesar.)

Untuk mengenal kapal selam lebih dekat, dibawah ini merupkan detail atau anatomi dari kapal selam virginia milik amerika serikat.

Untuk melindungi seisi kapal selam dari tekanan yang sangat kuat pada kedalaman laut yang bisa 800 kaki. Lambung kapal selam dilindungi dengan logam kuliatas tinggi.

Kubah haluan kapal selam terdapat paling depan terbuat dari komposit sehingga gelombang suara bisa menerobos masuk sampai kebola sonar.

Bola sonar berfungsi untuk mendeteksi gelombang suara yang dihasilkan oleh suatu benda atau kapal selam lawan dari jarak yang jauh.

Torpedo merupakan senjata kapal selam untuk menghancurkan musuhnya. Torpedo bekerja dengan bantuan pompa turbin. Pompa ini memompa air masuk kedalam tabung pelontar sesaat sebelum torpedo diluncurkan.

Untuk meningkatkan kemampuan tempurnya, kapal selam ini juga dilengkapi dengan penyerang darat dengan selusin penyerang vertikal (VLS). Dengan alat ini, kapal selam memiliki kemampuan dalam serang darat.

Tangki ballast/trim merupakan alat untuk menyelam dan mengambang. Tangki ini terletak pada bagian depan dan belakang kapal selam. Untuk menyelam kapal selam mengisi tangki ini dan untuk mengambang di permukaan laut, air dipompa keluar dari tangki ini. Dan untuk menjaga keseimbangan saat menyelam kapal selam dilengkapi dengan tangki trim.
Sumber: csp.navy.mil

0 komentar:

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto