Kapal Induk diperkirakan mampu mengangkut sekitar 80 pesawat dari berbagai tipe , 2000 awak, 4000 berbagai macam bom, plus bahan makanan. Jenis –jenis pesawat yang dingkut (khusus kapal induk Amerika) ada sekitar enam tipe yaitu, F/A-18 Hornets, F-14 Tomcats, SH-60 Seahawks, S-3B Vikings, E-2C Hawkeyes and EA-6B Prowlers.
Desain Kapal Induk
Primary Flight Control (pri-ply) adalah menara kontrol yang mengatur seluruh operasi penerbangan. Di menara seluruh pergerakan pesawat dipantau baik saat takeoff, landing maupun pergerakan disekitar kapal induk
Bridge merupakan ruang kontrol utama saat kapal induk berlayar. Semua perintah yang mempengaruhi seluruh pergerakan kapal, di instruksikan oleh Officer of the Deck (OOD) dari tempat ini. OOD mengawasi selama 4 jam dan bertanggung jawab atas keamanan dan operasi kapal induk, termasuk navigasi, komonikasi, inspeksi dan tes rutin dan mengawasi seluruh team. Juru mudi (mengendalikan kapal) dan juru mesin (mengendalikan mesin) yang diawasi oleh seorang kepala kelasi melakukan aktifitasnya diatas brige.
Second deck merupakan tempat awak kapal induk beraktifitas. diruangan ini tempat makan, cafetaria dan dapur umum.
Third deck tempat bengkel, loundry, ruang kesehatan, tempat alat ruang pendingin, telepon umum (untuk awak).Engine room merupakan tempat mesin, bahan bakar. areal ini merupakan areal yang sangat terjaga karena merupakan jantungnya kapal induk.
Deck adalah permukaan yang datar diatas kapal tempat takeoff dan landing pesawat tempur
Hangar deck adalah area dibawah deck yang digunakan untuk menyimpan pesawat (memuat 70-80 pesawat )
Catapult merupakan alat untuk melontarkan pesawat sebelum takeoff. dengan empat buah catapult kapal induk dapat menerbangkan satu pesawat setiap 20 detik. Catapult terdiri dari piston besar (300 kaki) yang dibenamkan di dalam deck, pada permukaan deck hanya berupa peralatan kecil yang dipasang pada roda depan pesawat (plane's nose gear ). Alat ini yang akan melontarkan pesawat dengan akselerasi 0-160 knot dalam 2 detik.
Sumber: gambar 1, gambar 2, fas
0 komentar:
Posting Komentar