wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Cara Membuat Roket Air

Kamis, 19 Juni 2008

Cara Membuat Roket Air

Roket air relatif aman dan biaya pembuatannya juga tidak mahal. Dalam membuat roket air ini kita dapat mempelajari dasar - dasar dari gaya dan respon roket air terhadap gaya - gaya liar.



Dalam merancang roket air kita akan dihadapkan pada empat subjek yaitu gaya berat, gaya dorong, sistem aerodinamis dan daya angkat.



Roket air bekerja dengan bantuan air dan tekanan udara sehingga ia bisa terlontar keudara. Pertama - tama roket air yang terbuat dari botol ini di isi air kira - kira 40% dari volumenya.

Kemudian botol di pasang pada peluncur roket air, Udara kemudian di pompakan ke botol roket sehingga tekanan naik. Gaya dorong akan didapat saat air mulai keluar dari botol roket air dengan cara menarik tutup nozzel (gambar 2).

Persis seperti roket sungguhan, roket air ini juga di pengaruhi oleh faktor -faktor external seperti pengaruh angin dan berat dari roket air itu sendiri. Untuk mendapatkan jarak lontar yang jauh perhitungan sistem aerodinamisnya perlu di perhatikan.


Cara membuat roket air ini secara detail silahkan anda kuntujungi blog Ahmad Ridwan dan untuk kalkulasi perhitungan matematis silahkan kunjugi situs ohiou

1 komentar:

Pa Heri Reksa guru kimia SMAN 1 Bogor mengatakan...

Tekanan udara minimal berapa Psi/Atm?

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto