wpjGawu9aRgpfO9fHzvWgmM9wYE Berita Iptek: Proses Pembuatan Kertas

Sabtu, 10 Mei 2008

Proses Pembuatan Kertas

Kita semua tentu sering menggunakan kertas untuk berbagai kepentingan, baik untuk menulis, membaca, atau untuk membungkus gorengan barangkali.

Kertas yang sering kita gunaka itu biasanya terbuat dari kayu yang diolah dengan teknologi modern sehingga sampai ketangan kita. Untuk lebih mengenal kertas yang kita gunakan mari kita pelajari proses pembuatan kertas.


Proses Pembuatan Kertas (pulp)


  1. Kayu diambil dari hutan produksi kemudian dipotong - potong atau lebih dikenal dengan log. log disimpan ditempat penampungan beberapa bulan sebelum diolah dengan tujuan untuk melunakan log dan menjaga kesinambungan bahan baku
  2. Kayu dibuang kulitnya dengan mesin atau dikenal dengan istilah De - Barker
  3. Kayu dipotong - potong menjadi ukuran kecil (chip) dengan mesin chipping. Chip yang sesuai ukuran diambil dan yang tidak sesuai diproses ulang.
  4. Chip dimasak didalam digester untuk memisahkan serat kayu (bahan yang diunakan untuk membuat kertas) dengan lignin. proses pemasakan ini ada dua macam yaitu Chemical Pulping Process dan Mechanical pulping Process. Hasil dari digester ini disebut pulp (bubur kertas). Pulp ini yang diolah menjadi kertas pada mesin kertas (paper machine).
Proses Pembuatan Kertas (Paper machine)

Sebelum masuk keareal paper machine pulp diolah dulu pada bagian stock preparation. bagian ini berfung si untuk meramu bahan baku seperti: menambahkan pewarna untuk kertas (dye), menambahkan zat retensi, menambahkan filler (untuk mengisi pori - pori diantara serat kayu), dlln. Bahan yang keluar dari bagian ini di sebut stock 9campuran pulp, bahan kimia dan air)

Dari stock preparation sebelum masuk ke headbox dibersihkan dulu dengan alat yang disebut cleaner. Dari cleaner stock masuk ke headbox. headbox berfungsi untuk membentuk lembaran kertas (membentuk formasi) diatas fourdinier table.

Fourdinier berfungsi untuk membuang air yang berada dalam stock (dewatering). Hasil yang keluar disebut dengan web (kertas basah). Kadar padatnya sekitar 20 %.

Press part berfungsi untuk membuang air dari web sehingga kadar padatnya mencapai 50 %. Hasilnya masuk ke bagaian pengering (dryer). Cara kerja press part ini adalah. Kertas masuk diantara dua roll yang berputar. Satu roll bagian atas di beri tekanan sehingga air keluar dari web. Bagian ini dapat menghemat energi, karena kerja dryer tidak terlalu berat (air sudah dibuang 30 %).

Dryer berfungsi untuk mengeringkan web sehingga kadar airnya mencapai 6 %. Hasilnya digulung di pop reel sehingga berbentuk gulungan kertas yang besar (paper roll). Paper roll ini yang dipotong - potong sesuai ukuran dan dikirim ke konsumen.


Topik terkait:

Kertas daur ulang

Proses pembuatan pulp


Sumber : apl

18 komentar:

Anonimmengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
alfa mengatakan...

bahan kima apa saja yang digunakan untuk membuat kertas???

msw mengatakan...

Bahan kimia penyusun kertas banyak ada yang berfungsi sebagai aditif seperti GROUND CALCIUM CARBONATE (GCC), ALKYLKETENE DIMER (AKD), PRECIPITATED CALCIUM CARBONATE (PCC), FLUORESCENT WHITENING AGENTS, CATIONIC STARCH. Untuk lebih jelasnya nanti akan dibahas di kamus iptek

MANZ45 mengatakan...

Kalo bikin kardus bahanya apaya? kalo mau d recycle bhn kimianya apa ya biar ngilangin bks tintanya?

alfalah mengatakan...

mas, tolong dunk terangin tentang multi stage pada proses bleaching. thanks sebelumnya...

msw mengatakan...

Buat Alfalah.

Kalo mau jelasnya tentang paper bleaching silahkan anda baca di web berikut

http://findarticles.com/p/articles/mi_qa3636/is_199509/ai_n8711616/

Semoga membantu

kharis mengatakan...

apa saja kemungkinan bahaya yang mungkin terjadi terhadap pekerjanya??

msw mengatakan...

Buat kharis

Dalam pembuatan kertas tentu ada bahayanya. Mulai dari pembuatan bubur kertas sampai pembuatan kertas jadi

Karena mesin-mesin bergerak dengan kecepatan tinggi, penggunaan berbagai bahan kimi.

Tetapi bahaya di minimalisir karena setiap perusahaan penghasil kertas punya standr orasi kerja (SOP) yang jelas, baik dalam bekerja maupun dalam hal keselamatan kerja

Desti Atids mengatakan...

salam,
saya mahasiswa di Padang
tertarik penelitian nengenai pembuatan kertas,bahan kayu yg dgunakan kriteria kadar seratnya ada/tdk?kalo ada brp standar baku yg digunakan?
makasih,

Tids

Unknown mengatakan...

bos, gimana kalo bahan dasar pembuatan kertas dari kayu ditukar dengan limbah tandan kosong sawit? soalnya d indonesia limbah tersebut banyak.

adika vepe mengatakan...

owalah begitu baru tau gue

dede ahmad iskandar mengatakan...

Halo gan, saya boleh nanya ya tentang cara pembuatan kertas untuk rokok yng membungkus tobacconya. bisa dijelaskan proses dan mesin pendukungnya juga tolong jelaskan bagian-bagian mesin yang melakukan proses dari awal sampai akhir. tolong ya gan. mudah2n dapat penjelasan yang jelas. terimakasih...

Unknown mengatakan...

Terimakasih

Hammer of thor mengatakan...

thank you boss the article really helped us, we wait for the boss's inspiration again. thank you

Erogan

Erogan Asli

Erogan Original

Obat Erogan

Jual Obat Erogan

Agen Obat Erogan

Distributor Obat Erogan Asli

Ciri Ciri Erogan Asli

Obat Pembesar Penis Erogan

Erogan Di Bandung


Ciri Ciri Titan Gel Asli

Ciri Titan Gel Asli

Manfaat Dan Khasiat Titan Gel

Efek Samping Titan Gel

Obat Pembesar Penis

Titan Gel

Titan Gel Asli

Titan Gel Di Bandung

IlmuPeternakan mengatakan...

Thanks you, admin

Please read my artikel?

Artikel Peternakan Lengkap

Artikel Pertanian Lengkap

Tommy mengatakan...

Menjual defoamer anti busa untuk industri asbes,kertasb, makanan dll untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
WA:081310849918
Terima kasih

Tommy mengatakan...

Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management

OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical

Zahra mengatakan...

Press part berfungsi untuk membuang air dari web sehingga kadar padatnya mencapai 50 %. Hasilnya masuk ke bagaian pengering (dryer). Cara kerja press part ini adalah. Kertas masuk diantara dua roll yang berputar. Satu roll bagian atas di beri tekanan sehingga air keluar dari web. Bagian ini dapat menghemat energi, karena kerja dryer tidak terlalu berat (air sudah dibuang 30 %) Jasa Penulis Artikel SEO harga kardus bekas di pengepul harga kardus bekas pengepul kardus bekas terdekat

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto